Selasa, 03 Mei 2016

SOAL ULANGAN SEMESTER GANJIL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS X SMK



ULANGAN SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Mata Pelajaran            : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                           : X (Sepuluh)
Hari, tanggal               : Selasa, 08 Desember 2015
Waktu                          : 60 Menit

A.       Pilihlah Salah Satu Jawaban yang Paling Tepat !
1.    Manusia selalu memiliki keinginan dan dorongan untuk selalu bermasyarakat, hal ini menunjukan manusia sebagai.....
a.       Makhluk individualis
b.      Makhluk monodualistik
c.       Makhluk sosial
d.      Homo sapien
e.       Homo homoni lupus

2.  Secara harfiah istilah Zoon Politicon berarti....
a.       Terdiri atas jasmani dan rohani
b.      Sebagai makhluk pribadi dan sosial
c.       Tidak bisa hhidup sendiri tanpa bantuan orang lain
d.      Memiliki akal, pikiran dan perasaan
e.       Bisa menyesuaikan dengan makhluk lain

3.      Sekelompok besar manusia yang mempunyai keinginan keras untuk bersatu, mempunyai persamaan watak, dan hidup bersama dalam satu wilayah yang nyata, adalah pengertian bangsa menurut.....
a.       Aristoteles
b.      Ir. Soekarno
c.       Hans Kohn
d.      Ernest Renan
e.       Otto Bauer

4.      Dasar falsafah negara yaitu
a.       Pancasila
b.      UUD 1945
c.       Demokrasi
d.      Undang-Undang
e.       Patriotisme

5.      Sifat kekuasaan yang dimiliki negara, yaitu.....
a.       Memaksa, memonopoli, dan mencakup semua
b.      Memaksa, memonopoli, dan memihak
c.       Memaksa, memonopoli, dan netral
d.      Memaksa, memihak, dan mencakup semua
e.       Memaksa, netral, dan mencakup semua

6.  Pemerintahan dalam arti sempit adalah.....
a.       Rakyat
b.      DPR
c.       MPR
d.      Eksekutif
e.       Legislatif

7.  Pengakuan komunitas internasional bahwa suatu negara telah sah sebagai negara berdasarkan kenyataan dan fakta adanya suatu negara, adalah pengakuan.....
a.       de facto
b.      de tente
c.       de jure
d.      de droit
e.       de javu

8.  Negara yang berada dalam kekuasaan atau jajahan negara lain disebut negara.....
a.       Koloni
b.      Serikat
c.       Dominion
d.      Kesatuan
e.       Protektorat

9.  Sebutan “negara kesatuan” dalam NKRI menunjukkan bahwa…..
a.       Wilayah yang memiliki ciri khas khusus dimungkinkan berstatus Negara
b.      Dalam Negara Indonesia tidak ada wilayah yang berstatus sebagai negara
c.       Wilayah-wilayah di Indonesia memiliki kedaulatan
d.      Dalam Negara Indonesia dimungkinkan ada wilayah berstatus Negara
e.       Dalam Negara Indonesia ada wilayah yang berstatus sebagai Negara
  
10.  Yang mempunyai kewajiban taat tehadap aturan-aturan hukum Indonesia adalah
a. rakyat kecil
b. pejabat pemerintah
c. penegak hukum
d. lembaga perwakilan rakyat
e. semua warga negara Indonesia

11. Hukum yang mengatur hubungan antara anggota masyarakat yang berisi perintah dan larangan disebut...
a. Hukum Objektif
b. Hukum Publik
c. Hukum Materiil
d. Hukum Formil
e. Hukum Ius Constitutum

12.  Alat Kelengkapan negara sebagai penegak hukum  yang juga berperan sebagai penuntut umum dalam perkara pidana adalah.....
a.       Kepolisiam
b.      Advokat
c.       Kehakiman
d.      Kejaksaan
e.       Notaris

13.  Perbedaan pengadilan sipil dengan pengadilan militer adalah.....
a.       kewenangan mengadili
b.      pihak-pihak yang terperkara
c.       dasar hokum yang mengaturnya
d.      masalah yang diadili
e.       aparat yang menanganinya

14.  Akibat melakukan tidakan melanggar hukum adalah.....
a. Dikenal baik oleh para penegak hukum
b. Disegani oleh banyak orang
c. mendapat sanksi hukum
d. ditakuti oleh semua orang
e. bebas keluar masuk tahanan

15. Faktor pendorong tindakan korupsi dapat berasal dari dalam diri si pelaku seperti
a. pengaruh teman
b. ada hasrat
c. ada kesempatan
d. kurang kontrol
e. kurang transparansi

16.  Bentuk-bentuk penyalah gunaan yang menimbulkan korupsi adalah.....
a.       Kerja sama
b.      Penyogokan
c.       Dukungan
d.      Solidaritas
e.       Rasa simpati
  
17.  Undang-undang nomor 30 tahun 2002 adalah tentang.....
a.       Tata cara pemeriksaan kekayaan penyelengara negara
b.      Pemberantasan tindak pidana korupsi
c.       Penyelengara negara yang beresih dan berwibawa
d.      Tata  cara pemantauan dan evaluasi pelaksanaan tugas
e.       Tata Cara pelaksanaan peranserta masyarakat

18. Salah satu tugas KPK adalah
a. menyeret pelaku korupsi ke pengadilan
b. mendata kekayaan para pejabat tinggi negara
c. mewujudkan negara yang bebas korupsi
d. melakukan monitor terhadap penyelenggaraan pemerintahan negara
e. sebagai penggerek bangsa yang antikorupsi

19. Perhatikan pernyataan-pernyataan di  bawah ini!
            1) pulang ke rumah tepat waktu
            2) belajar dengan sebaik-baiknya
            3) mengerjakan pekerjaan rumah di sekolah
            4) menggunakan uang iuran kelas untuk membeli sepatu
Pernyataan yang menunjukkan sikap antikorupsi adalah...
a.       1) dan 2)
b.      1) dan 3)
c.       2) dan 3)
d.      2) dan 4)
e.       3) dan 4)

20.  Seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan sebagai makhluk tuhan yang maha esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia. adalah pengertian dari.....
a.       Hukum
b.      Norma
c.       Ham asasi manusia
d.      NKRI
e.       Adat istiadat

21.  Lembaga yang mempunyai tugas untuk mengembangkan pelaksanaan HAM di indonesia adalah....
a.       LBH
b.      LSM
c.       BPK
d.      KOMNAS HAM
e.       KPK

22.  Salah satu peran serta masyarakat dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia adalah....
a.       Tidak main hakim sendiri
b.      Mendiskriminasi suku tertentu
c.       Tidak menghargai perbedaan pendapat
d.      Melindungi pelaku pelanggaran HAM
e.       Membatasi kebebasan beragama

23.  Salah satu contoh peran siswa dalam menegakan HAM adalah....
a.       Mengejek teman
b.      Ikut tawuran pelajar
c.       Mendengarkan teman berpedapat
d.      Merokok dilingkungan sekolah
e.       Memusuhi teman sekolah


24.  Berikut ini adalah contoh pelanggaran HAM dalam keluarga....
a.       Berprilaku sesuai dengan nilai-nilai HAM
b.      Bekerja sama dengan Komnas HAM
c.       Tidak menyekolahkan anak
d.      Melakukan kontrol terhadap pemerintah
e.       Berdiam diri diri ketika mendapat perlakuan yang termasuk pelanggaran HAM

25.  Tujuan penyelesaian terhadap kasus pelanggaran HAM melalui lembaga peradilan adalah....
a.       Mengadakan kerjasam regional dalam rangka memajukan HAM
b.      Membantu pelaksanaan HAM
c.       Mengkaji berbagai instrumen PBB tentang HAM
d.      Meningkatkan perlindungan HAM
e.       Menyebarkan wawasan nasional HAM

B.  Jawablah Pertanyaan di Bawah Ini!
1.  Sebutkan unsur-unsur terbentuknya sebuah negara!
2. Jelaskan perbedaan bangsa dan negara!
3.  Sebutkan Tata hukum Indonesia secara hierarki!
4. Jelaskan pengertian korupsi!
5.  Sebutkan macam-macam HAM!


GOOD LUCK...!!! JJJJJ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar